Uncategorized

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Menjadi Desain Interior

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Menjadi Desain Interior – Semakin majunya perkembangan pembangunan dalam bidang properti membuat kebutuhan hidup saat ini ikut berkembang pula. Salah satu bidang yang dapat memenuhi kebutuhan properti yang semakin maju saat ini adlaah interior desainer dan arsitek.

Tak jarang orang-orang pun menganggap profesi pada bidang-bidang tersebut menjadi hal yang menjanjikan. Bagi Anda yang memilki pemikiran demikian, khususnya jika lebih tertarik pada karier di bidang desain interior, maka setidaknya Anda harus mengetahui terlebih dahulu mengenai dunia desain interior ini. 

Sebelum Anda memastikan pilihan Ada sebagai seorang desainer interior, simak dahulu ulasan berikut mengenai hal-hal yang berkaitan dengan profesi desain interior:

Mengenali Bakat Desain dalam Diri Anda

Memilih jenjang karir bukanlah sekedar keinginan, tetapi juga mengenai keahlian. Langkah pertama yang harus Anda kenali dengan baik sebelum memutuskan untuk terjun dalam bidang desain interior adalah perasaan serta kemampuan dalam hal seni tata ruang.

Pastikan keinginan dan kemampuan tersebut ada dalam diri Anda dan merupakan sesuatu yang Anda cintai, karena jika sudah menjadi jiwa Anda bekerja dalam bidang ini akan tidak pernah merasa seperti bekerja apalagi dipaksa.

Untuk menjadi seorang desainer interior, Anda haruslah memiliki bakat bawaan seperti perpaduan warna, aransemen spasial, arsitektur, dan ketertarikan dalam tekstil. Untuk memastikannya, cobalah untuk mempraktekannya di rumah dan coba untuk meminta saran dan komentar dari orang-orang mengenai dekorasi Anda kamu lakukan.

Pendidikan Yang Menjadikan Anda Seorang Desainer Interior dan Bukan Dekorator

Semua orang dapat menjadi seorang dekorator interior, namun hanya orang-orang yang memperoleh pendidikan lah yang dapat menjadi seorang desain interior. Bukan berarti seseorang dekorator yang senang dengan permainan warna, kain, dan tekstil yang hanya mencetak kartu anam dan mempromosikan diri pada klien adalah hal yang buruk.

Namun latar belakang pendidikan kiranya menjadi hal yang penting. Pendidikan yang terakreditasi, asosiasi, atau gelar sarjana dapat menjadi syarat dan nilai plus untuk bekerja di bidang desain interior secara profesional.

Portofolio Sebagai Kunci Pengembangan Karir

Seorang ahli desain dan berpendidikan akan memiliki nilai lebih untuk dipertimbangkan jika memiliki portofolio. Bagaimana Anda menyajikan karya dalam portofolio akan menjadi bukti untuk menunjukan seberapa profesional Anda sebagai desainer interior.

Portofolio ini adalah sebuah bukti nyata yang membuktikan kemampuan Anda dan menjadi media yang efektif daripada kata-kata atau penjelasan panjang lebar pada klien Anda nantinya.

Oleh karena itu, jangan pernah lupa untuk mendokumentasikan semua proyek yang telah Anda kerjakan untuk ditampilkan dalam portofolio. Pemanfaatan media online dalam pembuatan portofolio juga dapat membantu Anda untuk menunjukan karya dan memperluas jaringan kepentingan dalam bidang interior.

Harus Memiliki Keahlian Komunikasi

Seorang desain interior ternyata haruslah memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Tidak cukup memiliki kemampuan menguasai software desain dan portofolio yang bagus, Anda tentu harus punya keahlian untuk meyakinkan para klien melalui komunikasi yang baik.

Secara psikologis, seorang klien akan mempercayakan pekerjaan kepada Anda jika terlihat percaya diri ketika berkomunikasi. Karena Anda bergerak dbidang jasa desain rumah, maka Anda harus mampu mempromosikan diri dan membangun kepercayaan dengan orang lain. Selain itu, keahlian komunikasi ini juga penting dimiliki untuk berkomunikasi dengan desainer lain untuk bertukar pikiran atau mencari referensi desain.

Pengetahuan Hukum dan Kode Lokal

Hal yang menjadi salah satu alasan mengapa calon desain interior menghindari pendidikan adalah keharusan untuk mempelajari peraturan dan hukum setempat. Memperlajari detail tersebut tentu saja membosankan, tetapi siapa sangka pengetahuan ini sangatlah diperlukan untuk seorang desainer interior profesional.

Masalah dan kebijakan mengenai pipanisasi, listrik, dan dinding penahan beban diperlukan untuk memberikan daya jual dan keuntung bagi desainer interior yang tentu tidak dimiliki para dekorator. Itu tadi beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk mengembangkan karir menjadi desain interior. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*